Mencegah Rayap pada Furniture Rumah

Di musim penghujan seperti ini, banyak sekali yang mengeluhkan keadaan rumah yang menjadi lembab karena rembesan air hujan yang pada musim ini selalu saja turun disetiap harinya. Bangunan rumah yang tidak terawat apalagi bangunan dengan komponen kayu sebagai dinding maupun lantainya mudah sekali lapuk oleh suhu yang lembab, selain rembesan air hujan yang mengancam terkikisnya bangunan rumah ternyata ada makhluk hidup kecil yang juga sangat merugikan bagi bangunan rumah anda. Pernahkah anda mengeluhkan makhluk kecil yang diam-diam menggerogoti perabotan maupun lantai dan dinding kayu rumah anda? Rayap. Ya, makhluk kecil satu ini memang terlihat tidak berbahaya bagi manusia, akan tetapi makhluk itu sebenarnya sangat merugikan terutama untuk tempat tinggal manusia beserta alat perabotan/furniture yang terbuat dari kayu. 

Menurut Wikipedia sendiri, Rayap adalah serangga sosial anggota infraordo Isoptera, bagian dari ordo Blattodea (kecoa) yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi.

Setelah mengetahui apa itu rayap, saya akan sedikit memberikan tips agar perabotan kayu di rumah anda terhindar dari kerumunan rayap yang akan memakan habis perabotan kayu tersebut. Berikut adalah beberapa tips-nya:

1. Rajin-rajinlah membersihkan rumah.
Sebagai pencegahan agar perabotan rumah anda terhindar dari santapan rayap, lebih baik anda membersihkan perabotan anda secara berkala. Jika perabotan tersebut berupa kursi atau meja kayu ada baiknya anda membersihkannya setiap hari minimal dengan kemoceng dan kain yang kering, hindari menggunakan lap yang basah karena kayu yang basah selain mudah lapuk juga mengundang rayap untuk datang, bukankah penjelasan diatas mengungkapkan jika rayap sangat suka tempat yang lembab?

2. Letakkan perabotan di tempat yang tidak mudah lembab.
Untuk menghindari rayap hinggap di perabotan kayu anda, sebaiknya letakkan perabotan anda tersebut ditempat yang aman dalam artian kering dan tidak mudah lembab.

3. Menjemur perabotan secara berkala.
Setelah anda menjalankan tips nomor dua dan merasa bingung karena mendapati dinding rumah yang basah karena rembesan air hujan yang menembus dinding rumah anda dan membuat anda kesulitan untuk menempatkan perabotan anda agar benar-benar aman, ada baiknya jika anda tetap menempatkan perabotan anda tersebut ditempat sebelumnya dan menjemurnya di cahaya matahari secara berkala.

4. Pintar dalam memilih kayu untuk perabotan.
Sebelum melakukan tips-tips diatas, sebagai pencegahan utama dalam usaha menghindari perkembangbiakkan rayap adalah memilih furniture dari kayu dengan kualitas yang bagus. Sebagai bahan pertimbangan, kami akan memberikan beberapa jenis kayu yang tahan rayap dalam jangka waktu yang cukup lama, antara lain:

- Kayu Ulin (Eusideroxylon zwageri)
biasa di sebut sebagai kayu besi merupakan kayu terkuat dari habitat aslinya, Pulau Kalimantan. Kayu Ulin juga sebar di kawasan Asia tenggara, seperti Pulau Sumatra, Bangka, Belitung, Kalimantan, Kepulauan Sulu, Sabah, Sarawak, dan Pulau Palawan di Pilipina di awal tahun 1900-an. 
Ciri utama ulin adalah batangnya yang lurus dengan banir yang tumbuh tidak secara melingkar. Kulit pohonnya licin, berwarna kuning atau kelabu muda. Ulin yang sudah dipotong akan menghitam jika lama terendam air. Tekstur kayunya kasar, sangat keras dan baunya aromatis. 





- Kayu Merbau
Termasuk salah satu jenis kayu yang cukup keras dan stabil sebagai alternatif pembanding dengan kayu jati. Merbau juga terbukti tahan terhadap serangga. Warna kayu merbau coklat kemerahan dan kadang disertai adanya highlight kuning. Merbau memiliki tekstur serat garis terputus putus. 










- Pohon Kayu Jati
Merupakan jenis pohon penghasil kayu yang bermutu tinggi. Pohon besar, berbatang lurus, bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 30-40 m. Daunya besar, akan tetapi akan gugur atau rontok di musim kemarau. 
Kayu Jati sangat terkenal antirayap karena teksturnya yang kuat dan keras sehingga banyak dipilih sebagai bahan pembuat furniture

Akan tetapi, jika anda tidak menggunakan beberapa kayu diatas untuk perabotan di rumah anda. bukan berarti tidak bisa terhindar dari rayap, sebagai tips anda dapat menggunakan obat anti rayap yang sekarang banyak tersebat di took-toko bangunan sekitar anda, gunakan larutan tersebut untuk merendam kayu bahan furniture selama kurang lebih satu hari, dan jemur hingga benar-benar kering untuk dapat diproses lagi hingga finishing.

Nah itu tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan sebagai pencegahan perkembangbiakan rayap di perabotan/furniture. Semoga bermanfaat.


Sumber:

No comments

ROE 520. Powered by Blogger.