Terlalu Sibuk? Jadwal Bersih-Bersih Ini Akan Membantu!

EVERYDAY;
Setiap Hari;

1. Wipe down the countertops.
Menghapus/membersihkan kotoran yang terdapat dibawah meja dapur.
Hal yang harus diperhatikan untuk anda, seorang Ibu yang memiliki hobi memasak, membersihkan meja dapur setiap hari/setelah selesai memasak adalah suatu keharusan. Apa yang akan terjadi jika anda melupakan sisa-sisa cipratan minyak yang ada di meja maupun dinding dapur anda? Sisa-sisa tersebut akan mengendap disana dan jika anda membiarkannya terlalu lama maka akan sulit untuk membersihkannya. Jadi, sebelum anda kesulitan bukankah lebih baik jika anda membersihkannya setiap hari? Selain mengurangi beban berat anda dikemudian hari, dapur anda akan terlihat selalu bersih dan membuat mertua senang karena memiliki menantu rajin seperti anda.


2. Wipe down the kitchen sink.
Membersihkan bak cuci piring.
Setelah membersihkan meja dapur, anda harus tengok bagaimana kabar bak cuci piring di dapur anda? Apakah mereka dalam keadaan bersih setiap harinya? Bak cuci piring akan menjadi licin karena kotoran jika anda tidak membersihkannya setiap hari.
Sebagai tips, anda bisa membersihkan sink/bak cuci piring dengan buah lemon dan juga garam. Oleskan lemon dan garam untuk mendapatkan bak cuci piring yang mengkilap. Selain membersihkan bak cuci piring dari kuman, lemon juga bisa menetralisir bau menyengat yang kadang hinggap disana. Anda juga bisa menggunakan cara ini untuk barang stainless steel lainnya. Dan jika noda disana sudah membandel, anda bisa merendam/membersihkannya dengan kain lap yang sudah direndam di cairan vinegar/cuka. Selamat mencoba!

3. Sweep the floors.
Menyapu lantai.
Saya yakin, para Ibu pintar.. sesibuk apapun anda, anda tidak akan pernah melupakan untuk menyapu lantai rumah setiap harinya. Sebagai pengingat saja, lantai adalah tempat dimana anak-anak anda bermain dan anda tak ingin anak anda dihinggapi kuman bukan? 

4. Take out the trash.
Membuang sampah.
Satu catatan kecil untuk anda, nyamuk dan lalat dirumah anda bisa berasal dari kotak sampah yang ada di dapur. Buang/keluarkanlah sampah tersebut dari rumah setiap hari untuk menghindari serangga dan juga bau tak sedap di ruangan.


ONCE A WEEK;
Setiap Minggu;

1. Weep down appliances
Membersihkan peralatan.
Bersihkan permukaan peralatan-peralatan dapur seperti lemari es, oven, dispenser dan yang lainnya setiap minggu. Itu akan membuat dapur anda tampak bersih.

2. Scrub the toilet, tubs, shower and sinks.
Menggosok toilet, bak mandi, shower dan wastafel.
Bersihkan juga kamar mandi anda setiap minggu agar lantai kamar mandi anda tidak licin dan bak mandi anda terbebas dari jentik-jentik nyamuk yang pada musim ini sering menjadi sumber penyakit anak-anak maupun orang dewasa.

3. Clean the mirror.
Membersihkan kaca.
Bersihkan jendela kaca, furniture-furnitur kaca di rumah anda setiap minggunya agar kotoran-kotan disana tidak mengendap dan menjadi noda yang membandel.

4. Dust furniture and shelving.
Membersihkan debu pada furniture dan rak.
Perhatikan juga perabotan-perabotan kayu, sofa dan rak dirumah anda. Jangan biarkan debu mengendap disana mengendap terlalu lama.

5. Change the bed linens.
Mengganti sprei.
Gantilah sprei tempat tidur anda setiap minggu. Selain kuman-kuman yang mengancam nafas anda ketika tertidur juga untuk mengurangi bau apek di kamar anda.

6. Vacuum carpets.
Membersihkan karpet.
Bersihkan karpet anda dengan vacuum cleaner untuk menjaga karpet anda tetap bersih dan awet. Menjemur karpet bisa anda jadika allternatif untuk mengurangi bau apek pada karpet kesayangan anda.

7. Mop the floors.
Mengepel lantai.
Jika setiap hari anda sudah menyapu lantai, kali ini minimal satu minggu sekali anda harus mengepel lantai. Lantai rumah yang jarang dipel akan membuat lantai rumah menjadi lengket dan meninggalkan noda jika dipijak. Pel lantai anda dengan produk/cairan pel yang kini banyak sekali tersedia di took-toko sekitar anda.


ONCE A MONTH;
Setiap Bulan;

1. Clean inside the oven.
Bersihkan bagian dalam oven.
Bersihkan andapan makanan didalam oven setiap bulan, jika anda menggunakan oven setiap hari akan lebih baik jika anda selalu membersihkan bagian dalam oven setiap minggunya.

2. Clean the kitchen and bathroom cabinets.
Bersihkan rak/lemari yang terdapat di dapur maupun di kamar mandi.
Cek lemari/cabinet dapur dan kemar mandi anda. Singkirkan/buang barang-barang yang sudah tak terpakai disana. Lap bagian dalam cabinet dengan lap bersih, gunakan cairan pembersih agar cabinet terlibat baru dan lebih bersih lagi.

3. Wipe down the inside of the medicine cabinet.
Bersihkan bagian dalam kotak obat.
Cek juga kotak obat anda, periksa adakah obat yang telah habis masa pakainya/kedaluarsa. Bersihkan juga bagian dalam kotak obat tersebut agar tidak ada kuman didalamnya.

4. Scrub the tile grout.
Gosok nat keramik.
Aktifitas anda dan keluarga setiap harinya banyak membawa debu yang akan mengendap din at keramik. Bersihkan dengan lap dan jika perlu gunakan juga cairan pembersih. Anda akan mendapatkan nat keramik yang sebelumnya anda kira sudah bersih akan lebih terlihat bersih lagi.

5. Wipe down doorknobs, switch plates and lamp.
Bersihkan bagian knop pintu, saklar dan lampu.
Jangan lupakan bagian kecil, seperti knop pintu, saklar beserta lampunya. Lap knop pintu dengan kain bersih, lemon dan garam juga bisa anda terapkan disini. Ambil bolam lampu dan bersihkan debu yang sudah pasti melekat disana.

6. Disinfect the garbage cans.
Membasmi kuman pada kaleng bekas.
Selain membasmi kuman yang ada di kaleng bekas, kaleng bekas tersebut juga bisa anda kumpulkan dan berikan kepada pemulung. Selain mengurangi kuman disekitar rumah anda, bukankah anda sudah mengklaim satu kebaikan untuk bapak pemulung? Mereka akan sangat bahagia hanya dengan kita memberikan barang bekas. Bukankah hidup itu indah? Dan bahagia itu sederhana?

Sumber: Pinterest

No comments

ROE 520. Powered by Blogger.